Jawa barat menjadi juara umum di acara popnas 2019

Hattrick Juara Umum, Jawa Barat Ukir Sejarah di POPNAS 2019

Pekan olahraga pelajar nasional sudah berlangsung pad atahun 2019 ini, dan popnas ini menjadi berita jawa barat yang paling menarik untuk di bahas, karena kontingen tim jawa barat sudah berhasild an sukses menjadi juara umum popnas (pecan olahraga pelajar nasional)m popnas ini berlangsung pada tanggal 16 bulan November hari sabtu sampai dengan tanggal 24 bulan november. Tim dari jawa barat memenangkan total mendali 99 buah. Yaitu 28 mendai penrunggu, 34 mendali perak dan 37 mendali emas. Inilah yang membuat jawa barat memenuhi syarat juara umum pada tahun 2019 dan juga jawa barat tahun ini masih bisa mempertahankan gelar juara umum popnas (pekan olahraga pelajar nasional) sebelumnya yang diselenggarakan di semarang pada tahun 2017 lalu.

Dengan ini jawa barat telah tiga kali secara berturut-turut menjadi juara umum pada acara pekan olahraga pelajar nasional (popnas) karena pada tahun 2015 juga jawa barat memenangkan gelar juara umum. Sehingga jawa barat sudah memenangkan gelar juara umum pada tahun 2015, 2017 dan tahun 2019.

Pada pekan olahraga pemuda nasional ini mendali emas yang disumbangkan oleh jawa barat adalah mendali emas yang diraih oleh cabang olahraga karate, mendali emas ini didapatkan oleh yudha fadillah pratama pada hari minggu tanggal 17 bulan November. Dan mendali emas yang didapatkan terakhir oleh jawa barat yaitu di dapatkan oleh cabang olahaga dayung dengan nomor canoeing K4 1000 meter yang merupakan regu putra pada tanggal 24 november hari minggu.

Menurut engkus sutina yang merupakan kepala DISPORA (dinas pemuda dan olahraga) provinsi jawa barat. Bahwa kemenangan juara umum yang sudah diraih oleh para peserta pecan olahraga pelajar nasional jawa barat ini merupakan hasil semangat dan juga kerjakeran. Atlet jawa barat sendiri yang mengikuti acara popnas ini ada 211 orang , dan pelatih berjumlah 36 orang, penanggung jawa cabang olahraga berjumlah 13 orang, tim medis berjumlah 13 orang dan ofisial berjumlah 39 orang. Engkus sutisna pun mengatakan ucapan terimakasih kepada atlet-atlet yang sudah ikut berjuang pada popnas , ucapan terimakasihnya tidak hanya tertuju pada atlet saja tetapi ia juga berterimakasih kepada para pelatih, Pembina, penanggung jawab dan juga kepada teman-teman dispora. Engkus pun mengatakan “Alhamdulillah kami bisa memberikan kontribusi pada visi pemerintah jawabarat yaitu jabar juara lahir batin”.

Rincian mendali yang di dapatkan oleh tim jawa barat di popnas 2019 (di dapatkan dari 11 cabang olahraga):

  • Dayung : 1 perunggu, 5 perak, 4 emas
  • Renang : 2 perunggu, 5 perak, 10 emas
  • pencak silat: 3 perunggu, 3 perak, 9 emas
  • karate: 4 perunggu, 1 perak, 3 emas
  • bulu tangkis: 2 perunggu, 1 perak, 3 emas
  • atletik: 2 perunggu, 4 perak, 2 emas
  • taekwondo: 3 perunggu, 5 perak, 3 emas
  • panahan: 1 perak, 1 emas
  • judo: 4 perunggu, 1 perak, 1 emas
  • angkat besi: 5 perunggu, 3 perak
  • tarung jerajat: 2 perunggu, 4 perak, 2 emas

jawa barat tidak mendapatkan mendali dari 2 cabang olahragam yaitu bola voli pasir dan juga sepak takraw.

Penyumbang emas pertama untuk jawa barat juga mengatakan bahwa dirinya  sangat bangga telah bisa menyumbangkan mendali emas untuk jawa barat.


Leave a Reply