Tips Mendekorasi Ruang Bermain Anak

Kendati tidak bersifat wajib, namun sebagian orangtua beranggapan bahwa menyediakan ruangan khusus untuk tempat bermain anak adalah hal yang penting, guna mendukung proses tumbuh-kembang mereka sebaik mungkin. Selain itu, keberadaan ruangan khusus tersebut juga bisa membantu agar kerapian ruangan-ruangan lain tetap terjaga karena tidak tercampur dengan tempat bermain anak.

Namun begitu, untuk menciptakan ruang khusus bermain anak yang ideal, Anda terlebih dahulu harus memahami cara mendekorasinya, sehingga ruangan tersebut tidak hanya menyenangkan, tetapi juga aman, nyaman, dan mencerdaskan. Berikut adalah tips-tips mendekorasi ruang bermain anak yang ideal.

Sediakan Ruang Memadai

Pastikan bahwa ruangan yang akan dijadikan tempat khusus bermain Anak memiliki luas yang cukup untuk mengakomodasi pergerakan mereka. Dalam hal ini ruang tidak harus besar, namun orangtua dituntut untuk pintar-pintar menata dan memilah perabotan apa saja yang harus ada di dalamnya, supaya si anak bisa tetap beraktivitas dengan bebas.

Selain itu, jangan ragu menyisihkan sedikit area yang bebas mereka gunakan untuk kotor-kotoran atau mencoret-coret dinding dengan segala mainannya, seperti cat lukis, spidol, krayon, dan lain-lain, supaya si anak bisa leluasa berkespresi dan mengasah segala bakat alaminya.

Pilih Furnitur Aman dan Hemat Ruang

Pilihlah furnitur-furnitur yang aman bagi anak, seperti furnitur yang terbebas dari bahan kimia atau non toxic, serta berdesain ergonomis. Selain itu, pilih juga perabotan yang mudah dirapikan dan dibersihkan, serta tidak banyak memakan ruang, seperti sofa karakter atau sofa bed karate yang memiliki fungsi sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur.

Supaya anak-anak tidak mudah kedinginan serta terbebas dari kuman saat beraktivitas di lantai, maka sebaiknya Anda memasang karpet dengan aneka bantal-bantal lucu.

Fasilitas Tempat Penyimpanan Mainan

Anak-anak pasti memiliki banyak mainan. Jika tidak disediakan tempat khusus, maka sudah barang tentu mainan-mainan mereka akan tercecer berserakan di lantai, sehingga ruang bermain tak lagi kondusif.

Untuk menjaga kerapian ruang bermain anak, orangtua wajib menyediakan banyak kotak penyimpanan, dan ajari mereka untuk menyusun mainan-mainan tersebut ke dalam rak berdasarkan warna serta jenisnya. Agar menghemat ruang, Anda bisa memanfaatkan dinding untuk memasang ambalan yang bisa digunakan sebagai wadah penyimpanan mainan si kecil.

Sediakan Mainan-mainan yang Mengandung Unsur Edukatif

Ruang bermainan anak harus merangkap sebagai ruang belajar mereka. Tempatkan satu set kursi dan meja, robot-robotan atau boneka lucu, dan papan tulis. Ini menjadi salah satu cara jitu untuk berinteraksi serta mengajari banyak hal pada mereka secara tidak langsung. Pastikan juga bahwa semua mainan yang ada di ruangan tersebut memiliki sudut tumpul, supaya aman saat digunakan si kecil.

Dinding Dicat dengan Warna yang Tepat

Skema warna menjadi hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mendekorasi ruangan khusus untuk bermain anak. Jadikan warna kesukaan si kecil sebagai warna utama, lalu kombinasikan dengan warna-warna lain supaya menghasilkan kesan ceria. Perpaduan dengan teknik gradasi adalah solusi terbaik, karena ruang khusus bermain anak memang harus didesain penuh warna.

Ramaikan dengan Pernak-pernik Dekoratif

Saat mendekorasi ruang khusus bermain, Anda bisa melibatkan si anak secara langsung untuk menghias ruang pribadi mereka, seperti menempelkan gambar atau coretan-coretan yang ia buat sendiri pada bagian dinding, memajang gambar-gambar dari karakter kartun atau superhero favorit mereka, atau aksesoris-aksesoris lain semisal kertas dinding dan wall sticker.

 


Leave a Reply